Jumat, 29 Juli 2011

Pengenalan .NET Framework

Apa .NET Framework itu?? Hal itu yang pertama terlintas dipikiran saya saat pertama kali ingin baru belajar pemrograman .NET. Ada yang mengatakan .NET itu pasti aplikasi internet. Mungkin jawabannya sedikit benar dan banyak salahnya.

Bisa saya katakan.NET Framework (saat saya sedang menulis ebook ini terakhir adalah versi 4) suatu revolusi platform dari Microsoft untuk para pengembang atau developer aplikasi. dotNET framework sendiri ialah suatu pondasi yang berisi kumpulan teknologi yang dapat mempermudah para developer untuk mengembangkan aplikasi mereka diberbagai device dan dengan berbagai macam bahasa pemrograman.


Misalkan kita bayangkan, dahulu setiap orang membangun aplikasi mereka dengan bermacam-macam bahasa pemrograman. Ada yang menuliskan dengan bahasa Visual Basic, ada yang menggunakan bahasa C, dan berbagai macam bahasa lain yang menurut mereka itu lebih enak dibandingkan dengan bahasa lainnya. Tidak akan ada habisnya jika kita membahasa dan membanding-bandingkan setiap bahasa pemrograman, karna semuanya itu akan selalu memiliki yang namanya plus dan minusnya. Disini .NET Framework menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu setiap developer atau pengembang aplikasi tidak perlu mempelajari bahasa baru lagi untuk membangun aplikasi baru yang sedang dibutuhkan. Bayangkan misalnya seorang developer yang awalnya sudah terbiasa membangun aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic harus mempelajari bahasa baru untuk membangun aplikasi web base dengan bahasa C#. Akan membutuh effort atau waktu untuk mempelajar semua itu dari awal lagi. Maka .NET frameworklah jawaban atas kesulitan ini.
Seandainya java terkenal dengan “Write one run every where”, yaitu tulis sekali coding anda, maka akan dapat berjalan diberbagai Operating System, Microsoft keluar dengan .NET frameworknya dengan menulis aplikasi dengan berbagai bahasa namun dapat berjalan sama diatas platformnya “one platform, multi language”. Mungkin lebih lanjutnya lagi Microsoft akan berbuat sama seperti Java dengan kelebihannya itu. Semoga saja :)

Apa yang ada di .NET Framework ??

Didalam .NET framework terdapat banyak library-library besar yang berisi code-code yang dapat digunakan oleh pengguna dengan menggunakan teknik OOP (Object Oriented Programing). Library ini terkategorikan kedalam sebuah module-module yang berbeda. Pasti dari beberapa pembaca bertanya-tanya apa sih library itu, apa OOP itu dan apapula module-module itu?? Tenang-tenang tidak usah panic dan menyerah begitu, satu persatu nantinya akan kita bahas kok. Sebagai contoh sederhana, kita ingin membangun aplikasi windows desktop maka kita akan menggunakan suatu modul khusus untuk aplikasi desktop, lalu kita ingin membangun aplikasi web base maka yang perlu kita lakukan hanya menggunakan module khusus untuk membangun aplkas web base.

Didalam .NET framework terdapat beberapa komponen utama, yaitu Common Language Runtime (CLR) dan Base Class Library. CRL dapat dikatakan sebagai jantung dari .NET Framework, tau kenapa?? Karna CLR mempunyai tugas utama yang berguna untuk mengkonversi kode MSIL (Microsoft Intermediate Language) menjadi native code. Oke berikut ini saya coba jelaskan dengan gambar :

Proses bagaimana aplikasi dibangun sebelum adanya .NET Framework






Aplikasi dituliskan dengan bahasa pemrograman lalu di compile menjadi bahasa binner (01010011010) dalam bentuk dll atau exe sehingga langsung dapat dijalankan dan dimengerti oleh operating system. Berbeda dengan adanya .NET Framework.





Base class library yaitu suatu pustaka standar yang tersedia untuk semua bahasa pemrograman pada .NET. Terdapat kumpulan tipe data dan kelas yang terintegrasikan dengan CLR.

BCL tersusun dan dikategorikan oleh Namespace seperti:

· System
· System.IO
· System.Collections
· System.Net
· System.Text
· Etc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar