Selasa, 02 Agustus 2011

C# INTRODUCTION

Sebagaimana yang telah kita singgung sebelumnya tentang macam-macam bahasa pemrograman, C# (dibaca C Sharp) adalah salah satu satu bahasa pemrograman yang bisa dipakai untuk membuat aplikasi yang berjalan diatas NET Framework. Membangun aplikasi dengan menggunakan C# lebih mudah dan baik dibandingkan dengan bahasa C++, itu dikarenakan lebih bahasa ini lebih simple, power full, dan beberapa hal lainnya yang bisa kau lakukan di bahasa C# dibanding dengan C++.

Bahasa C# (C Sharp) di Visual Studio

Secara teori C# itu merupakan bahasa pemrograman berorientasi obyek turunan dari C++ dengan penambahan beberapa fitur dari Java versi Microsoft dan integrasi dengan .NET Framework. Dulu Microsoft punya varian Java yang namanya J++, namun karena memiliki perluasan yang tidak mengikuti standar Java dari Sun ditambah lagi dengan tuntutan hukum, maka Microsoft menghentikan pengembangan J++. Sebagai gantinya, Microsoft mengembangkan bahasa pemrograman baru yang "memadukan" C++ dan Java plus .NET ke dalam C#.

Aplikasi apa saja yang bisa kita bangun dengan C#??
Dengan bahasa C# kita dapat membangun berbagai macam aplikasi dengan adanya .NET Framework. Beberapa macam tipe aplikasi yang bisa kita ciptakan dengan C# :

· Windows Console Aplikasi
Aplikasi console adalah aplikasi yang menerima masukan berupa text dan keluaran pun berupa text. Nama lain untuk aplikasi seperti ini adalah DOS proram atau textual programing.

Windows Desktop Aplikasi
Aplikasi seperti Microsoft Office, yaitu aplikasi dekstop yang sangat familiar sering kita liat dan gunakan. Pembuatan aplikasi itu menggunakan module windows form yang ada di .NET Framework, dengan menggunakan library dari control (seperti tombol button, toolbars, menu dan banyak lainnya). Itu semua digunakan untuk membangun sebuah UI (User Interface). Jika kita ingin membuat aplikasi dekstop dengan grafis yang sangat bagus dan dinamis kita juga dapat menggunakan WPF (Windows Presentation Foundation).

· Web Aplikasi
Web based application adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser. Aplikasi ini dapat diakses dimana saja asalkan ada koneksi internet yang mendukung, tanpa perlu melakukan penginstallan di computer masing-masing seperti pada aplikasi desktop, cukup dengan membuka browser dan menuju tempat server aplikasi tersebut dipasang. Contohnya: Google spreadsheet, Google Word Processor, webmessenger.yahoo.com, meebo.com, dan game flash yang dijalankan secara online, dll.

· Web Services
Web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung interoperabilitas dan interaksi antar sistem pada suatu jaringan. Web service digunakan sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service. Web service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini dapat diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler.


Tujuan Microsoft mengeluarkan bahasa C# bukanlah untuk menguasai platform lain. Seperti yang semua orang tahu, C# bisa dibilang 70% Java. Yang diincar oleh microsoft bukan platform lain. Namun agar programmer-programmer java pindah ke C#. Strategi bisnisnya adalah “one platform, multi language”.

Mungkin jalan C++ lebih baik dari java maupun C#, Ya tentu karena baik java maupun C# menggunakan virtual machine. Tapi tidak bisa begini perbandingannya Kalau kita buat aplication yang memakan banyak resource maka ya jelas, C++. Tapi untuk application lain kadang C++ terlalu low level dan membuat aplikasi lebih enak dengan menggunakan managed code seperti java dan C#. Actually java dan c++ juga tidak bisa dibilang write once run everywere. Java itu write once debug (a little) everywhere. C++ itu write once (debug. sometimes lots of them depending on the app) everywhere.

Pada akhirnya tak penting memperdebatkan bahasa mana yang lebih bagus, tetapi bahasa pemrograman apa yang tepat untuk membangun aplikasi yang sedang kita bangun dilihat dari sisi teknologi, resource memory dan lain-lain.

VISUAL STUDIO 2010

Setelah kita sedikit berkenalan dengan C# dan teknologi-teknologi apa saja yang ada didalamnya, sekarang yang kita lakukan adalah mencoba membangun aplikasi dengan bahasa C#. Sebelum itu kita harus mengenal apa saja yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi. Seperti hal nya saat kita ingin menggambar, kita membutuhkan kertas, kuas dan cat. Untuk menuliskan aplikasi dengan bahasa C#, kita dapat menggunakan IDE (integrated Developemtn Enviroment) buat microsoft sendiri.

Tak perlu khawatir akan license, kita dapat mendownload versi express editionnya dengan gratis. Untuk spesifikasi hardware yang dibutuhkan untuk menjalannya VS sebagai berikut.

Visual Studio 2010 dapat diinstall di operating system :

· Windows XP (x86) with Service Pack 3 - all editions except Starter Edition
· Windows Vista (x86 & x64) with Service Pack 2 - all editions except Starter Edition
· Windows 7 (x86 & x64)
· Windows Server 2003 (x86 & x64) with Service Pack 2
· Windows Server 2003 R2 (x86 & x64)
· Windows Server 2008 (x86 & x64) with Service Pack 2
· Windows Server 2008 R2 (x64)

Hardware Requirements

· Computer that has a 1.6GHz or faster processor
· 1 GB (32 Bit) or 2 GB (64 Bit) RAM (512 MB Jika ingin menjalankan diatas virtual machine)
· 3GB Space di hardisk
· 5400 RPM hard disk drive
· DirectX 9 capable video card running dengan 1024 x 768 atau resolusi diatasnya

Dapat di download di :


key : PQT8W-68YB2-MPY6C-9JV9X-42WJV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar